Berita

Posisi Bulan Masih Negatif, Observatorium Bosscha: InsyaAllah 1 Syawal Hari Kamis

Selasa, 11 Mei 2021 - 14:03
Posisi Bulan Masih Negatif, Observatorium Bosscha: InsyaAllah 1 Syawal Hari Kamis Observatorium Bosscha ITB merupakan institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi yang setiap tahun menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadan dan Syawal bagi Kemenag RI. (Foto: Instagram/@bosschaobservatory)

TIMES SUMEDANG, JAKARTA – Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan masyarakat umum.

Dalam rangka rukyatul hilal bulan Syawal 1442 Hijriyah, tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 10, 11, dan 12 Mei 2021 sejak pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Observatorium Bosscha 2

Pengamatan dilakukan menggunakan 2 buah teleskop berukuran 106 mm dan 66 mm berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera astronomi. Citra yang ditangkap oleh kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan tampilan sabit bulan.

"Pengamatan kemarin dan pagi ini berhasil menangkap citra sabit bulan tua Ramadhan dan akan terus kami ikuti posisinya. Pengamatan pada sore ini akan dilaksanakan tidak untuk mencari hilal karena posisi bulan ketinggiannya masih negatif," ucap Yatny Yulianty, staf peneliti Observatorium Bosscha kepada TIMES Indonesia, Selasa (11/05/2021).

"Artinya Insya Allah 1 Syawal atau lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah akan jatuh pada Kamis (13/05/2021)," pungkasnya.

Sebagai informasi, tugas Observatorium Bosscha adalah menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang isbat 1 Syawal. Masyarakat dapat mengakses data dan hasil pengamatan hilal di website Observatorium Bosscha. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumedang just now

Welcome to TIMES Sumedang

TIMES Sumedang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.