Berita

Jenderal Listyo Sigit Dilantik Jadi Kapolri, PP GP Ansor Berharap Polri Makin Responsif dan Adil

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:02
Jenderal Listyo Sigit Dilantik Jadi Kapolri, PP GP Ansor Berharap Polri Makin Responsif dan Adil Sekjen PP GP Ansor Abdul Rochman. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMES SUMEDANG, JAKARTAPP GP Ansor memberikan dukungan penuh kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah dilantik menjadi Kapolri baru oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Di bawah Jenderal Listyo, GP Ansor berharap, kepolisian Indonesia makin meningkatkan perlindungan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GP Ansor Abdul Rochman mengatakan, Listyo memiliki kapasitas yang sangat memadai untuk menjadi pemimpin tinggi Polri. Berbekal modal tersebut, publik sangat menaruh harapan besar mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) ini bisa membawa Polri lebih taktis dalam kinerjanya serta transparan. Dengan cara ini, maka penegakan hukum yang berkeadilan akan tercipta.

“Sesuai arahan Gus Yaqut Cholil Qoumas (Ketua Umum GP Ansor), Ansor mendorong Pak Listyo agar membawa Polri semakin responsif dan adil dalam penegakan hukum. Dengan cara itu maka masyarakat akan merasa semakin tenang karena merasa semua terlindungi,” ujar Abdul Rochman di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Sikap responsif ini, tandas Adung, panggilan akrabnya, antara lain bisa ditunjukkan kepolisian dengan proaktif dalam melakukan deteksi persoalan yang berkembang di tengah masyarakat. Pemetaan masalah sejak dini tersebut selain mencegah gangguan yang lebih besar juga memberikan kepastian rasa aman kepada masyarakat. Untuk mewujudkannya, Polri diakui tidak bisa berkerja sendiri. “Di sinilah Polri di bawah Jenderal Listyo juga dituntut bisa berkolaborasi dengan stakeholder lain, lebih-lebih di tengah pandemi Covid-19 yang sangat membutuhkan kerja sama sinergis berbagai pihak termasuk para ulama atau tokoh agama,” kata Adung.

Di sisi lain, masyarakat juga berharap kinerja Polri  dalam penegakan hukum terus bisa ditingkatkan. Dengan modal semangat presisi dan prediktif seperti yang menjadi komitmennya, Polri harus menunjukkan transparansi penegakan hukum berbasis data yang faktual. Semangat ini pula yang perlu dibawa Jenderal Listyo dalam menyelesaikan beberapa kasus hukum yang masih belum tuntas penanganannya.

Meski mengemban amanat yang tidak ringan karena bertugas di tengah masa pandemi, PP GP Ansor optimistis Jenderal Listyo mampu membawa Polri menjadi institusi yang makin berwibawa dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Dengan dukungan sumber daya yang kian memadai, Polri akan semakin memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih humanis. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Imam Kusnin Ahmad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumedang just now

Welcome to TIMES Sumedang

TIMES Sumedang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.